Perbandingan Antara Raster dan Vektor

[ad_1]

Seringkali muncul pertanyaan: apa yang harus digunakan raster format vektor? Kami berharap perbandingan berikut antara kedua sistem memberi Anda beberapa informasi umum tentang pertanyaan ini.

Raster – gambar terbentuk sebagai jumlah piksel. Saat ini merupakan metode yang mendominasi hasil presentasi informasi grafis (pada display raster dan printer). Juga digunakan gagasan dekat peta bit (bitmap) – raster yang disimpan di memori atau disk. Fitur gambar raster pada kenyataannya adalah ukuran file yang tidak terkompresi dan akibatnya tingkat pemuatan tidak bergantung pada kompleksitas gambar. Keuntungan dari raster adalah metode sederhana dan oleh karena itu cara cepat representasi gambar bit plane pada perangkat raster imaging atau pemirsa. Keterbatasan dari jenis gambar ini adalah fakta bahwa itu tidak dapat secara sengaja diskalakan karena penurunan ukuran gambar dapat menyebabkan hilangnya beberapa baris piksel, tetapi meningkat disertai dengan pembesaran ukuran piksel. Jenis gambar raster berguna untuk penyimpanan grafik bergambar, pada saat yang sama cukup efektif algoritma penyusutan telah dikembangkan untuk penyimpanan data raster.

Vektor – gambar dibentuk dengan bantuan garis terpisah, lurus atau melengkung. Kualitas pencitraan vektor adalah karena output akurasi (dituntut perangkat didukung vektor penggambaran vektor atau menampilkan vektor) dan nomenklatur yang didukung primitif grafis dasar (garis, lengkungan, kurva, elips, dll). Keuntungan utama dari grafik vektor adalah kenyamanan skala dengan kemungkinan bekerja pada rincian elemen dari berbagai ukuran pada satu gambar. Selain itu, keuntungan dari grafik vektor adalah kenyataan bahwa suatu bentuk, lokasi spasial dan warna objek menggambarkan dengan rumus matematika. Ini memberikan ukuran file gambar yang relatif kecil dan kemandirian resolusi perangkat cetak atau tampilan. Untuk representasi dari gambar vektor biasanya diminta perangkat lunak yang cukup rumit yang memahami dan dengan benar melakukan semua protokol trivial perintah gambar yang disimpan dalam file format grafik vektor. Pada saat yang sama gambar yang lebih rumit adalah ukuran file masing-masing yang lebih besar dan semakin lama waktu pengambilan gambar.

Gambar vektor memiliki berbagai keunggulan dibandingkan gambar raster. Keuntungan utama adalah:

  • kemungkinan pembuatan akurat dan deskripsi objek;
  • kemungkinan scaling dan editing objek tanpa kehilangan kualitas gambar.

Vectorisation – konversi dari gambar raster ke representasi vektor. Dalam banyak kasus, operasi ini melibatkan hilangnya informasi tentang elemen gambar terpisah yang tidak dapat digambarkan dengan benar oleh program (terutama kuantitas kurva yang sengaja diminimalkan). Masing-masing operasi terbalik adalah raterisasi. Secara teknis operasi ini lebih sederhana daripada vektorisasi, tetapi kami kehilangan kemungkinan skala disengaja dari gambar yang dibuat.

[ad_2]

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *