Perangkat Lunak Bebas Teratas untuk Gambar Kartun yang Harus Anda Ketahui

[ad_1]

Membuat komik kartun, serial komik manga, atau animasi kartun tidaklah mudah. Anda tidak hanya perlu khawatir tentang mendapatkan tim penulis, seniman pensil, dan inkers yang tepat, tetapi Anda juga harus mendapatkan perangkat lunak terbaik untuk menggambar kartun. Beberapa alat terbaik adalah PaintTool SAI, Adobe Illustrator, dan Manga Studio.

Perangkat lunak ini dirancang untuk membantu mengoreksi Anda dengan kerja pensil, tata letak, pewarnaan, dan banyak lagi. Anda masih harus dapat menggambar dan bekerja sebagai tim, tetapi perangkat lunak melakukan banyak pekerjaan yang membosankan untuk Anda dan juga memberi Anda kemampuan untuk membuat karya yang rumit. Sayangnya, semua itu cukup mahal.

Jika Anda baru saja memulai dengan Anda dan beberapa teman, mengharapkan untuk berlatih dan mencelupkan kaki Anda ke dalam air maka Anda akan ingin memulai dengan perangkat lunak freeware sebagai gantinya. Anda tidak akan menghabiskan uang dan masih dapat mengalami proses menggambar kartun profesional. Lihatlah beberapa perangkat lunak freeware terbaik untuk gambar kartun di bawah ini:

SmoothDraw – Dari semua freeware yang berbeda, SmoothDraw adalah yang paling dasar tetapi menawarkan banyak. Ini pada dasarnya adalah versi Adobe Photoshop yang dipangkas. Anda bisa menganggapnya lebih seperti Photoshop CS2 atau CS3 ketika dibandingkan dengan Adobe Photoshop CS6 yang baru. Ini tidak berfungsi dengan gambar Vektor sehingga Anda harus bekerja sedikit lebih hati-hati dengan SmoothDraw. Ia menawarkan berbagai macam sapuan kuas dan itu kompatibel dengan pena cahaya dan periferal gambar lainnya. Satu-satunya masalah dengan SmoothDraw adalah bahwa meskipun cukup mampu, sebagian besar dirancang untuk melakukan gambar tunggal dan sebagian besar alat untuk sapuan kuas potret dan bukan desain kartun.

Inkscape – jika Anda harus memilih satu freeware yang bisa menjadi pengganti sempurna untuk Adobe Illustrator maka Anda tidak bisa salah dengan Inkscape. Faktanya, banyak seniman dalam Deviant Art yang melakukan seni buku komik dan animasi menggunakan Inkscape. Ini adalah alat yang sangat mendalam yang tidak hanya memungkinkan untuk bekerja dari awal tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengonversi gambar bitmap ke format Vektor. Ini sempurna jika Anda mentransfer sketsa dari kertas asli ke komputer untuk diedit dan diwarnai.

Inkscape terlihat dan terasa seperti penggabungan Manga Studio dan Adobe Illustrator. Ini karena memiliki semua alat pengeditan Vector Illustrator yang biasa tetapi antarmuka dan alat tambahan secara khusus untuk menggambar. Jika Anda pergi untuk seni komik strip atau bahkan frame demi frame maka ini adalah alat freeware yang Anda cari.

Synfig Studio – sehingga perangkat lunak freeware bisa masuk ke Inkscape? Jika Anda memiliki waktu dan kesabaran untuk melewati kurva belajar yang sangat curam, maka Synfig Studio adalah pilihan terbaik. Ini memiliki lebih banyak pilihan untuk seniman dan bahkan mampu bingkai demi bingkai animasi. Banyak kartunis menggunakan Synfig Studios untuk melakukan animasi kartun terutama untuk iklan atau ketika mereka ingin menyajikan sampel (2-3 menit) ke sebuah studio animasi besar. Beberapa studio anime Jepang menggunakan Synfig ketika mereka membuat episode untuk acara anime mereka.

Jangan pernah membatasi diri. Ya, produk berbayar mungkin menawarkan lebih banyak alat dan plug-in tetapi perangkat lunak bebas masih bisa menyelesaikan pekerjaan. Inkscape cukup banyak menangani pekerjaan dengan cukup baik tetapi jika Anda menyewa untuk opsi yang lebih canggih dan kemampuan animasi untuk gambar Anda, maka Synfig Studios adalah pilihan gratis Anda. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mempelajarinya dengan baik. Pada akhirnya, itu masih tergantung pada Anda dan tim Anda. Setelah semua, sebagian besar pekerjaan masih tergantung pada kemampuan Anda untuk menulis dan menggambar, baik di atas kertas atau di perangkat komputer.

[ad_2]

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *