Grafik Raster dan Vektor – Apa Bedanya?

[ad_1]

Di dunia desain grafis ada dua jenis utama grafis. Grafis vektor dan grafik raster (atau Bitmap). Ada beberapa perbedaan utama antara dua format grafik, dan Anda perlu memahami perbedaan ini untuk mengetahui kapan Anda harus menggunakan setiap format. Artikel ini akan melihat dua format berbeda dan kapan Anda harus menggunakannya.

Grafis Vektor

Grafis vektor adalah format gambar grafis yang dibuat oleh aplikasi seperti Adobe Illustrator, Undian Karang, atau aplikasi open-source gratis inkscape. Mereka kadang-kadang disebut sebagai aplikasi menggambar. Grafik vektor menyimpan informasi secara berbeda ke raster graphics karena tidak menggunakan piksel. Grafik vektor merekam koordinat tertentu dalam file Anda sebagai titik referensi, kemudian mencatat informasi lain seperti garis gradien, dan ketebalan sebagai rumus. Jadi ketika Anda mengedit file Anda tidak mengedit piksel pada layar, Anda menambah dan mengubah informasi rumus. Karena ini, grafik vektor benar-benar terukur. Tidak masalah seberapa kecil atau seberapa besar gambar Anda di layar, bukan ukuran yang menentukan seberapa besar ukuran file gambar Anda. Gambar grafik vektor memiliki berbagai jenis file berbeda tergantung pada aplikasi yang membuatnya. Format yang umum termasuk EPS, AI, CDR, dan SVG.

Grafik Raster

Grafik raster adalah format gambar grafis yang dibuat oleh aplikasi seperti Adobe Photoshop, Microsoft Paint, Corel Paint, dan aplikasi open-source gratis, Gimp. Mereka kadang-kadang disebut sebagai aplikasi lukisan. Format gambar grafis raster menyimpan informasi tentang file sebagai piksel. Pixel adalah titik-titik kecil yang digunakan untuk membentuk gambar Anda. Semakin besar resolusinya, semakin banyak piksel, semakin besar ukuran file gambarnya. Ada berbagai jenis grafik raster yang digunakan untuk memampatkan ukuran file menggunakan berbagai teknik yang berbeda. Sebagai contoh, format file Gif memadatkan ukuran file dari suatu gambar dengan menyederhanakan informasi warna dari suatu gambar. Hanya menggunakan 256 warna. Jpeg adalah format gambar raster lain, yang menyimpan ukuran file dengan menggunakan algoritma yang menyederhanakan detail berdasarkan analisis informasi piksel. Semakin tinggi kompresi file, semakin banyak detail yang dibuang.

Aplikasi mana yang harus saya gunakan?

Kedua aplikasi memiliki kekuatan dan kelemahannya. Aplikasi grafis raster biasanya memiliki berbagai efek foto, dan fungsi pengeditan foto. Ini membuat aplikasi grafis raster ideal untuk mengedit foto. Juga gambar mana pun yang membutuhkan rentang warna penuh, grafis raster lebih tepat. Grafis vektor lebih tepat untuk menggambar gambar dari awal. Misalnya, jika Anda mendesain logo dari awal atau menggambar karakter kartun. Kedua proyek ini akan mendapat manfaat dari skalabilitas aplikasi grafik vektor, dan alat-alat lain dalam aplikasi vektor yang dirancang khusus untuk membantu dengan proyek menggambar.

[ad_2]

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *