Diagram Laut Dibuat Sederhana

[ad_1]

Di hari-hari tua, tidak ada pelaut yang sepadan dengan garam yang ditinggalkannya di rumah tanpa setumpuk grafik laut di bawah lengannya dan sebuah kompas magnetik di sakunya. Saat ini, sebagian besar peta laut dalam format elektronik dan lebih dari mungkin ditampilkan di perangkat GPS laut, plotter grafik atau perangkat elektronik laut combo.

Jadi apa peta laut dan bagaimana Anda menggunakannya?

Sederhananya, grafik adalah peta topografi laut atau wilayah perairan pedalaman. Sebenarnya ada dua format, raster dan vektor. Peta laut raster terdiri dari gambar digital yang menunjukkan fitur geo-referensi. Itu berarti Anda dapat melihat posisi kapal Anda pada grafik yang mengacu pada fitur lain untuk mencari tahu, misalnya, seberapa jauh Anda berasal dari lahan kering. Anda bisa mendapatkan grafik raster yang diperbarui secara berkala dari NOAA. Format umum untuk peta laut raster disebut Raster Chart Display Systems (RCDS) dan ini adalah format yang digunakan NOAA. Jadi jika Anda ingin memperbarui peta raster NOAA, Anda akan memerlukan grafik chart charter atau sistem tampilan laut yang kompatibel dengan RCDS. (NOAA adalah singkatan dari National Oceanic and Atmospheric Administration. Ini adalah organisasi pemerintah yang bertanggung jawab untuk lautan dan atmosfer).

Format kedua dari peta laut adalah grafik vektor. Grafik vektor adalah kombinasi grafik laut kertas digital yang dapat dilapis dengan objek dan informasi yang terkumpul dalam database. Ini telah mengambil bertahun-tahun NOAA untuk membangun grafik vektor tetapi mereka sekarang ke titik yang semakin banyak chartplotters memilih untuk menggunakannya. Format umum untuk grafik vektor NOAA disebut Electronic Navigational Charts atau ENCs. NOAA menyediakan ENC gratis dan pembaruan juga gratis. Untuk memanfaatkan ENC, chartplotter Anda harus memiliki kemampuan ECDIS (EDICS adalah singkatan dari Chart Elektronik dan Sistem Informasi Tampilan).

ENC mencakup informasi real-time seperti arus saat ini, koordinat yang tepat dari batas saluran, dan informasi geografis lainnya yang dirancang untuk menyederhanakan navigasi dan membuat penghindaran tabrakan menjadi mudah. NOAA telah menyelesaikan informasi grafik vektor pada semua pelabuhan utama di Amerika Serikat dan mereka terus menyempurnakan informasi pada port yang lebih kecil. Seperti halnya peta laut raster, Anda dapat mengunduh pembaruan dari NOAA saat mereka menambahkan data.

Menggunakan Grafik Raster dan Vektor

Untuk menggunakan peta laut raster dan vektor, Anda memerlukan produk perangkat lunak komersial pihak ketiga yang tahu cara memproses dan menampilkan bagan. Kebanyakan chartplotters dan komplotan GPS menggunakan satu atau kedua jenis grafik ini. Apa yang lebih baik, raster atau vektor? Itu terserah Anda, raster berisi lebih sedikit informasi tetapi hingga saat ini adalah satu set grafik yang lebih lengkap. Grafik vektor, saat masih dalam proses, telah membuat banyak kemajuan dalam beberapa tahun terakhir dan diperbarui setiap minggu sehingga database terus berkembang secara teratur. Kemungkinan besar Anda akan dapat memperoleh pembaruan langsung dari pabrikan chartplotter Anda tetapi selalu layak mengetahui bahwa opsi untuk mengunduh langsung dari NOAA memberi Anda hingga detail menit segera setelah tersedia.

[ad_2]

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *