Dasar-dasar OSPF

[ad_1]

OSPF (Open Shortest Path First) adalah protokol routing lanjutan yang digunakan untuk menentukan di mana paket-paket rute dalam jaringan IGP (Interior Gateway Protocol). Jenis protokol routing ini dianggap sebagai protokol link-state. Link-state routing berbeda dari distance vector routing (seperti RIP) dalam banyak hal tetapi ada beberapa kesamaan. Selain routing data di seluruh jaringan, kedua jenis protokol mengirim pembaruan routing mereka ke router tetangga mereka dan pada gilirannya router tetangga mereka meneruskan pembaruan ini ke tetangga mereka dan seterusnya.

Ada banyak perbedaan lebih banyak daripada persamaan antara hubungan-negara dan protokol vektor jarak Namun. Router yang menggunakan link-state mengiklankan setiap detail tentang internetwork ke semua router lainnya. Setelah semua router menyelesaikan proses ini, setiap router akan memiliki informasi yang persis sama tentang internetwork. Informasi ini disimpan dalam database pada setiap router dalam apa yang disebut database link-state atau (LSDB). Mirip dengan cara setiap mobil bepergian ke tujuan di jalan raya antar negara yang sama mungkin memiliki peta Amerika Serikat yang sama persis. Namun setiap mobil dapat melakukan perjalanan ke tujuan yang berbeda dan setiap mobil akan melakukan perjalanan dalam arah tertentu tergantung di mana mereka berada di AS sehingga mereka akan menggunakan peta untuk menentukan cara terbaik untuk mencapai tujuan tertentu dari lokasi mereka. OSPF bekerja dengan cara yang sama, LSDB adalah peta dan tergantung di mana router berada dan di mana ia mencoba mengirim data juga, itu akan menggunakan LSDB untuk menentukan rute terbaik untuk sampai ke tujuannya.

Agar setiap router dapat mengetahui alamat IP dan jaringan apa yang ada di internetwork, OSPF menggunakan apa yang disebut Link-state Advertisements (LSA's). Dua jenis utama LSA adalah LSA Router dan LSA Tautan. Router LSA menyertakan info ID router, alamat IP antarmuka, status setiap antarmuka, dan biaya atau metrik yang terkait dengan setiap antarmuka. Tautan LSA mengidentifikasi setiap tautan (subnet) dan router yang dilampirkan ke tautan itu. Status tautan (naik atau turun) juga termasuk dalam LSA. Secara default OSPF mem-refloods LSA setiap 30 menit kecuali perubahan jaringan seperti down interface terjadi.

[ad_2]

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *